NTP Server

NTP Server ARC beralamat di ntp.arc.itb.ac.id. Network Time Protocol (NTP) adalah sebuah protokol yang digunakan untuk mensikronisasi waktu terhadap sumber yang akurat (jam atom, GPS, dll) melalui jaringan komputer. NTP Server adalah sebuah server yang menyediakan layanan sinkronisasi waktu menggunakan protokol NTP. Tiap NTP Server memliki hirarki yang disebut stratum. Stratum menunjukkan tingkat kedekatan sebuah NTP Server dengan jam yang digunakan sebagai referensi.

Stratum 0
Stratum 0 adalah perangkat yang menjadi referensi waktu utama. Perangkat ini dapat berupa jam atom, jam GPS, atau jam radio lainnya. Perangkat stratum 0 biasanya tidak langsung terhubung ke jaringan, melainkan dihubungkan langsung ke perangkat atau komputer stratum 1.

Stratum 1
Stratum 1 adalah komputer yang terhubung dengan perangkat stratum 0. Biasanya perangkat atau komputer pada stratum 1 juga bertindak sebagai NTP Server.

Stratum 2
Stratum 2 adalah komputer yang menggunakan server stratum 1 sebagai referensi dan menyediakan layanan untuk server dengan stratum di bawahnya.

Stratum 3 dst.
Stratum 3 dan seterusnya berfungsi sama dengan stratum 2 yang menyediakan layanan untuk server dengan stratum yang lebih rendah.